-->

Notification

×

Iklan

" />

Iklan

iklan

Tag Terpopuler

Hadiri Pengukuhan KDEKS Provinsi Sulawesi Tengah, Wapres Sampaikan 3 Pesan Kembangkan Potensi Syariah Daerah

Tuesday, October 3, 2023 | October 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-04T02:26:06Z


Wakil Presiden RI, Prof. Dr (HC) K.H. Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan pengukuhan kepengurusan KDEKS Sulteng di Ruang Polibu Kantor Guibernur Sulteng, Selasa 3 Oktober 2023 [ foto Biro Adm Pimpinan Setprov. Sulteng ]



TERASSULTENG | Palu, – Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) memiliki peran penting sebagai katalisator pengembangan ekosistem syariah di daerah. Oleh karena itu, peran penting ini perlu terus ditingkatkan agar kontribusi KDEKS dalam pengembangan ekosistem syariah yang mengutamakan potensi unggulan daerah dapat berjalan secara berkelanjutan. Untuk mengembangkan potensi unggulan ekonomi syariah di daerah, Wapres menyampaikan tiga pesan penting.

 

“Pertama, gali dan kembangkan beragam potensi unggulan ekonomi syariah yang dapat menjadi pertumbuhan wilayah,”  tegas Wakil Presiden (Wapres) saat menghadiri Pengukuhan Pengurus KDEKS Provinsi Sulawesi Tengah di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jl. Sam Ratulangi Nomor 101, Besusu Bar, Kecamatan Palu Tim, Kota Palu, Selasa (3/10/2023).

 

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, keunggulan daerah ini tidak hanya berpusat pada sumber daya pangan saja. Khususnya di Sulawesi Tengah, sumber daya lokal, seperti ; mineral, kelautan dan pariwisata juga harus dimanfaatkan dengan memperhatikan keberlanjutan sumber daya tersebut. Dengan demikian, diperlukan program kerja yang terstruktur baik langkah dan targetnya agar dapat dilaksanakan dengan baik.

 

“Kedua, susun program yang komprehensif dan terstruktur dan diimplementasikan dengan baik,” papar Wapres.

 

Program ini, tambahnya, selain untuk mengembangkan ekosistem syariah juga harus memberikan sumbangsih nyata dalam beragam persoalan pembangunan, seperti pengentasan kemiskinan ekstrem dan pembangunan daerah tertinggal di wilayah setempat.

 

“Ketiga, pastikan keberlanjutan agenda pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dengan memasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulawesi Tengah,” tutur Wapres.

 

Wapres menilai, hal ini menjadi penting agar program yang telah disusun dapat berkelanjutan, walaupun terdapat pergantian pemimpin daerah di masa depan.

 

Menutup sambutannya, Wapres menekankan, apabila seluruh langkah di atas dijalankan dengan baik, ia yakin ekonomi dan keuangan syariah akan semakin berkembang di wilayah Sulawesi Tengah dan manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh masyarakat secara inklusif.

 

“Selamat bekerja untuk KDEKS Provinsi Sulawesi Tengah. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ‘inayah-Nya dan meridai setiap ikhtiar yang kita lakukan,” pungkas Wapres.

 

Sebelumnya Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, menyampaikan bahwa Sulawesi Tengah memiliki potensi daerah yang menjanjikan di bidang agribisnis, tambang, pariwisata, dan maritim untuk dikembangkan. Ia pun berharap jajaran pengurus KDEKS yang dikukuhkan pada hari ini dapat menjalin kerja sama yang baik dengan seluruh pihak terkait untuk mengelola potensi ini dengan baik. 


"Saya berharap agar pengurus ini nanti dapat bersinergi dengan seluruh komponen daerah dalam membangun perekonomian daerah dan perekonomian nasional berbasis syariah, dengan Sulawesi Tengah sebagai episentrum ekonomi syariah di Indonesia," harap Rusdy.

 

Hadir dalam acara ini, Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulawesi Tengah, dan Plt. Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Taufik Hidayat.

 

Sementara Wapres didampingi oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Azis, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. 

Iklan-ADS space iklan Iklan-ADS space iklan Iklan-ADS space iklan Iklan-ADS
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini